IMAGE 2017: Eratkan Kerja Sama Ekonomi Indonesia & Timur Tengah

By Admin

nusakini.com--Kegiatan "Indonesia-Middle East Annual Gathering on Economy" (IMAGE) telah dibuka secara resmi oleh Gubernur Jawa Barat di Gedung Sate, Bandung,Senin (9/10).

Acara iini dihadiri oleh Staf Ahli Diplomasi Ekonomi dan Direktur Timur Tengah, Kementerian Luar Negeri, sejumlah Duta Besar negara Timur Tengah di Jakarta dan Duta Besar RI di Negara-negara Timur Tengah, serta para pengusaha dari Timur Tengah.   

Kegiatan ini merupakan program tahunan Direktorat Timur Tengah, Kementerian Luar Negeri RI yang tahun ini diselenggarakan bersama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Penyelenggaraan IMAGE 2017 pada tahun yang ke 7 (tujuh) ini merupakan bagian dari upaya diplomasi ekonomi yang dilakukan oleh Kementerian Luar Negeri dalam menjembatani keinginan daerah untuk mencari berbagai peluang kerjasama ekonomi dengan berbagai pihak di luar negeri. 

Tercatat sebanyak 52 pengusaha dari berbagai negara di Timur Tengah berpartisipasi pada kegiatan ini, jumlah peserta terbesar selama tujuh tahun penyelenggaraan IMAGE. Mereka berasal dari latar belakang business line yang berbeda seperti consumer goods, makanan, perdagangan umum, fashion, furniture, perhotelan, konstruksi, hingga bahan bangunan.  

Kegiatan pokok yang akan dilaksanakan pada kegiatan IMAGE ini mencakup Forum Bisnis (presentasi potensi dan peluang investasi Jawa Barat), one-on-one business meeting dengan para pengusaha Jawa Barat serta pameran produk kerajinan dan kunjungan lapangan ke berbagai sentra industri, fashion show, serta kunjungan ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati guna melihat peluang investasi di kawasan kota baru pendukung BIJB, Aerocity di Kabupaten Majalengka. 

Kegiatan IMAGE diharapkan dapat memfasilitasi terwujudnya kesepakatan-kesepakatan bisnis yang saling menguntungkan antara Jawa Barat dan Timur Tengah. 

Sebelum kegiatan IMAGE dimulai, pada 7 Oktober 2017 telah dilakukan penandatanganan MoU kerja sama Sister Province antara Provinsi Jawa Barat dan Negara Bagian Khartoum, Sudan. Selanjutnya pada 11 Oktober 2017, akan dilakukan penandatanganan MoU kerja sama antara KADIN Provinsi Jawa Barat dan KADIN Alger. 

Sebagai pusat industri nasional dengan sektor manufaktur dan jasa yang berkembang pesat, dan potensi komoditas yang beragam, Jawa Barat diyakini dapat menawarkan banyak peluang kerja sama kepada para pengusaha Timur Tengah baik di sektor perdagangan, investasi dan pariwisata. ​ 

Kegiatan IMAGE 2017 diharapkan dapat memberikan sumbangsih yang konkret dan berarti bagi pembangunan ekonomi di Provinsi Jawa Barat dan dapat membuahkan hasil transaksi perdagangan/bisnis yang signifikan.(p/ab)